Selasa, 31 Januari 2017

Ketahui Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Pada Usia 0-12 Bulan

Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada satu tahun pertama memang selalu menjadi perhatian tersendiri bagi setiap orang tau. Di usia 0 sampai 12 bulan merupakan moment penting dan paling bahagia bagi para orang tua baru. Perkembangan yang ditunjukkan dari bulan ke bulan bisa menujukkan kesehatan sang bayi. 

Berbagai kejadian mulai dari bertambahnya kemampuan berbicara, gerakan dan lainnya, catatan yang tak terlupakan. Tapi, perkembangan pada setiap anak berbeda-beda. Jadi, jangan terlalu memaksakan anak untuk menjadi seperti orang lain. Makhlumi saja atas perubahannya itu yang paling penting dia tumbuh dengan sehat dan tidak bergizi. Nah, berikut beberapa petumbuhan dan perkembangan bayi dalam 12 bulan. Berikut ulasannya :

foto:satujam.com

Usia 0-3
Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia 0 hingga 3 bulan, umumnya setiap bayi mengalami peningkatan ketajaman visualnya. Dia akan mulai membalas tatapan mata seseorang saat menantap dan memeluknya dengan penuh kasih sayang. Dia akan menunjukkan ketertarikan pada warna-warna dan wajah seseorang.

Umur 3-4 bulan
Bayi pada umumnya bisa melihat ke seberang ruangan cukup jelas dan bisa dengan mudah ditenangkan kalau rewel. Sebab, dia sudah mulai mengenali dan tertarik beberapa hal disekelilingnya. 

Usia 4-6 bulan
Ketika bayi sudah berumur 4-6 bulan, kontrol terhadap tubuhnya sudah meningkat. Saat ini dia sudah mulai memainkan tangan dan kakinya untuk bersenang-senang. Seperti menendang, menangkap sesuatu dan memegang wajah seseorang. Beberapa bayi sudah mulai belajar merangkak atau belajar berdiri. 

6-9 bulan
Si kecil sudah bisa duduk dengan seimbang dan merangkak dengan sempurna. Sembari duduk, dia akan mengamati dan meraih apa saja yang menurutnya menarik. Jika bosan duduk, dia akan merangkak berusaha untuk mengeksplorasi apa yang dia inginkan di sekelilingnya. 

Umur 9-12 bulan
Setelah merangkak, bayi akan belajar berdiri dan menjangkahkan kakinya serta berusaha menghampiri benda-benda yang dia suka. Dia akan suka memunngut benda yang jatuh menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Dia suka bermain-main dengan benda yang dipegangnya dan menjatuhkan benda tersebut lagi.  Pada usia 9-12 bulan, bayi sangat aktif dan berbicara sudah mulai lancar. 

Bulan-bulan berikutnya, pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi lebih aktif. Sehingga, Anda dan keluarga harus berhati-hati dalam menjaganya. Pastikan dia berada di tempat yang aman untuk bermain.

0 komentar:

Poskan Komentar