Sabtu, 18 Februari 2017

Cara Menjadi Ibu yang Baik Bagi Setiap Anak

Sebelum melahirkan seorang anak, sebaiknya Anda belajar cara menjadi ibu yang baik. Di sela-sela keromantisan Anda bersama suami mulailah mempersiapkan diri suapaya bisa menjadi ibu yang membawa anaknya menuju kesuksesan di dunia maupun di akhirat kelak. Ibu merupakan pendidik pertama bagi seorang anak, kasih sayangnya dibutuhkan dalam setiap pertumbuhan seorang anak. 

Manjadi ibu yang baik memang tidak mudah, tapi berusahalah untuk menjadi yang terbaik dengan melaksanakan tanggung jawab sebagai seorang ibu. Di hari pertama saat Anda menyusuinya, pasti sudah banyak impian yang ingin Anda lakukan bersama si kecil. Jangan abaikan buah hati Anda dan mulailah menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi penguat hatinya. Nah, berikut ini langkah menjadi ibu yang baik bagi setiap anak :

Paham benar dengan minat dan keinginan anak
Jangan paksakan kehendak Anda kepada anak. Tapi, arahkan buah hati Anda kemanapun dia inginkan. Jadilah pendamping bukannya menjadikan anak sebagai alat untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda. Banyak sekali orang tua bertengkar dengan anaknya karena hal-hal yang tidak penting. Misalnya, si anak ingin ikut les karate, tapi orang tua ingin dia ikut les musik. Cara menjadi ibu yang baik adalah membiarkan anak tumbuh dan berkembang seperti yang dia inginkan. 
foto:duniaanak.org

Dukung apa yang dicita-citakan anak
Kalau anak Anda ingin menjadi seorang pengusaha maka, dukunglah dia. Biarkan dia menjadi dirinya sendiri, perhatikan cara belajarnya dan berikan buku-buku tentang wirausaha atau semacamnya. jika dia ingin menjadi pemusik, maka berikanlah alat musi yang suka dia mainkan. Puji dia dan berikan hadiah ketika dia berprestasi. Itu akan menambah semangatnya dalam bersekolah dan mencari ilmu.

Sabar
Cara menjadi ibu yang baik adalah bisa menahan diri yakni bersabar dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Sekarang ini anak-anak lebih aktif daripada dulu, sehingga Anda harus bersabar dan bijak dalam menyikapi kesalahan yang dia lakukan. Hindari menggunakan kekerasan pada anak, tapi berikan dia perhatian khusus dan membuatnya mengerti bahwa apa yang dilakukannya itu salah. 

Jangan pelit bukan berarti boros
Sesekali, Anak perlu dimanja tapi bukan berarti harus memberikan semua yang dimintanya. Misalnya, dia ingin mempunyai video game, bolehlah membelikannya. Buatlah dia memainkan gam-game yang bersifat edukasi. 

Itulah cara menjadi ibu yang baik untuk setiap anak Anda, yuk mulai belajar sejak dini.

0 komentar:

Poskan Komentar