Kamis, 23 Maret 2017

4 Strategi Jitu Hemat Biaya Renovasi Rumah Second



Membeli rumah second merupakan salah satu pilihan untuk memiliki dan membeli rumah murah di Jakarta. Tidak sedikit orang yang membeli rumah second untuk menghemat biaya pengeluaran atau karena memiliki budget yang pas – pasan. Ketika kamu memutuskan untuk membeli rumah second ada dua pilihan yang biasanya dilakukan, yaitu melakukan renovasi dan perbaikan atau langsung menempati rumah. Bila kondisi bangunan atau eksisting rumah masih dalam keadaan yang cukup bagus, kamu pasti akan memilih untuk langsung menempatinya tanpa melakukan perbaikan atau renvasi. Namun sayang pada faktanya yang sering terjadi ialah kamu harus mengatasi segala kerusakan dan cacat yang ada dalam bangunan baik itu struktur bagunan, susunan ruangan, atau material yang sudah tidak layak untuk dipakai. Jika sudah begini mau tak mau kamu harus tetap melakukan perbaikan dan renovasi pada rumah second yang kamu beli.


Agar budget yang kamu keluarkan tidak terlalu besar, kamu perlu membuat rencana renovasi yang efektif dengan sangat matang. Pastikan untuk memeriksa dengan teliti kondisi bangunan untuk mengetahui sejauh mana kamu harus melakukan perbaikan, bila perlu catat kerusakan dan cacat apa saja yang harus diperbaiki. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah menghitung dan memperkirakan apa saja yang kamu butuhkan untuk memperbaikinya dan berapa dana yang akan kamu keluarkan untuk renovasi rumah murah di Jakarta ini. Untuk detailnya kamu bisa melakukan dan menerapkan beberapa jurus dan strategi jitu untuk renovasi rumah second berikut ini :

Lakukan Pemeriksaan Ke Seluruh Bangunan
Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah memeriksa keadaan dan kondisi bangunan untuk mengetahui apa saja yang harus kamu perbaiki dan sejauh mana bangunan di renovasi. Renovasi akan menjadi sangat penting dilakukan ketika terdapat cacat atau kerusakan pada bagian utama rumah second yang kamu beli seperti saluran air, rangka atap yang sudah tidak layak atau keropos, struktur atap yang terlalu rendah atau banyak retakan pada dinding.

Bila bagian utama seperti yang disebutkan mengalami kerusakan kamu harus melakukan perbaikan dengan membongkar sebagian besar bagunan untuk menjamin kualitas bagunan. Namun jika kerusakan dan cacat tidak terlalu parah seperti cat dinding yang sudah terkelupas atau kusen yang sudah mengerpos kamu bisa melakukan perbaikan seperlunya tanpa perlu membongkar seluruh atau sebagian besar bangunan. Hal ini akan cukup menekan pengeluaran perbaikan. Kamu bisa berkonsultasi dengan tukang yang kamu percaya.

Tentukan Konsep Desain
Renovasi rumah second perlu dilakukan ketika susunan ruang tidak sesuai dengan yang kamu inginkan kamu bisa mengubahnya. Tetapkan atau buat konsep desain secara menyeluruh kemudian mendata kebutuhan ruang yang kamu perlukan. Kamu bisa menuangkan ide desain melalui gambar desain yang diberikan kepada tukang atau mandor atau kamu bisa mengataknya langsung kepada mandor yang akan memperbaiki rumah murah di Jakarta yang kamu beli atau kamu juga bisa menggunakan jasa arsitek untuk menerjemahkan konsep desain yang kamu inginkan.

Survey Bahan Bangunan
Kamu bisa menekan biaya renovasi dengan memanfaatkan material bekas yang masih bisa kamu gunakan dari bangunan lama. Seperti misalnya kayu bekisting jadi railing tangga atau kamu bisa menggunakan besi pagar menjadi teralis. Tapi bila kamu harus membeli barang atau material baru, sebaiknya kamu belanja bahan kebutuhan untuk memperbaiki bangunan sendiri. Hal ini akan jauh lebih efisien, karena kamu bisa mengatur budget dengan membeli barang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan merasa malas untuk mengecek dan memeriksa harga pada toko bangunan yang berbeda untuk membandingkan dan mendapatkan harga yang lebih murah namun tetap memiliki kualitas yang baik.

Lakukan Renovasi Di Waktu Yang Tepat
Sangat tidak disarankan untuk melakukan perbaikan atau renovasi rumah second pada saat musim penghujan tiba. Selain hasil yang di dapatkan tidak maksimal, waktu untuk mengerjakan perbaikan pun akan tertunda dan memakan waktu yang lebih lama lagi karena terus terganggu dengan turunnya hujan serta kendala lainnya. Hal ini tentu akan semakin menambah pengeluaran. Usahakan untuk melakukan perbaikan dan renovasi rumah second pada musim panas agar hasilnya lebih maksimal.

Demikian beberapa jurus dan strategi yang dapat kamu lakukan untuk renovasi rumah second yang baru kamu beli. Pastikan untuk merencanakan dan memperkirakannya secara matang, sehingga kamu bisa meminimalisir segala kemungkinan buruk yang akan terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar