Rabu, 08 Maret 2017

Cara Menggendong Bayi yang Nyaman Dan Sesuai Usianya

Cara menggendong bayi haruslah dengan posisi yang benar. Sehingga, bayi nyaman dipelukan kita dan tidak terjadi masalah pada tubuhnya. Kesalahan menggendong bayi bisa membuat otot-otot tubuh si kecil mengalami cidera atau terjadi gangguan pada tulangnya. Akibatnya dia rewel menangis terus dan akhirnya sakit.
Bagi para calon ibu sebelum melahirkan mesti belajar dulu bagaimana menggendong bayi yang tepat. Ibu perlu tahu posisi bayi yang tepat sesuai tahapan usianya. Ketika baru lahir, bayi belum bisa menyangga kepalanya dengan baik, maka ibundanya harus menyangga lehernya kalau menggendong. Untuk lebih jelasnya tentang teknik menggendong bayi berikut penjelasannya!
foto:hamilplus.com

Cara Menggendong Bayi
Usia 0-3 bulan
Saat usia bayi 0 sampai 3 bulan, harus menggendongnya dengan hati-hati. Sangga bagian leher dan kepalanya menggunakan satu tangan. Sedangkan tangan lainnya untuk menopang tubuh bagian belakang dan pantatnya. Cara menggendong bayi yang tepat di usia ini yakni letakkan kepala, leher dan punggung si kecil pada lipatan siku tangan kanan atau kiri. Tangan satunya lagi untuk menopang punggung, bokong dan kakinya.
Sandarkan tubuh bayi ke bagian dada Anda, posisikan dia senyaman mungkin ketika berada dalam dekapan Anda. Gendonglah menggunakan perasaan dan suasana hati yang senang. Maka, dia akan merasa aman dan nyaman ketika Anda gendong.
Usia 3-6 bulan
Pada umur 3-6 bulan si kecil senang digendong dengan posisi tubuh menghadap ke depan. Sebab, pada usia ini dia sudah bisa menyangga tubuhnya dan tidak suka dibaringkan. Sehingga, cara menggendong bayi pun lebih mudah. Di usia 3 dan 4 bulan tetap topang kepala dan lehernya karena belum sepenuhnya mampu menyangga kepalanya. Setelah itu, biarkan si kecil menentukan posisi menggendongnya.
Diatas 6 bulan
Tulang bayi semakin kuat, kepala dan lehernya sudah tidak terlalu ringkih. Pada usia 6 bulan keatas, si kecil sangat aktif. Dia senang sekali melihat kedepan, maka gendong dia dengan posisi duduk. Sandarkan kepala dan tubuhnya ke dada Anda, satu tangan memegang tubuh bagian depan, tangan lainnya menyangga bokongnya.
8 bulan keatas
Usia 8 bulan keatas, bayi sudah sangat kuat. Jangan terus-terusan menggendongnya, biarkan dia bereksplorasi di kasur atau lantai. Dia juga mulai belajar berdiri dan berjalan. Cara menggendong bayi di atas 8 bulan bisa lebih bebas dan menurut kemauan si kecil.

0 komentar:

Poskan Komentar