Minggu, 04 Juni 2017

8 Cara Merawat hijab Biar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Buat kamu hijaber pemula mungkin pernah bingung bagaimana cara tepat untuk merawat hijab agar awet dan tidak mudah kusut. Yuk mari kita simak tips berikut ini agar kamu kerudung yang kamu punya ini bisa awet dan tahan lama.
1. Kategorikan berdasarkan jenis hijab
Di tempat penyimpanan hijab ini sebaiknya kamu kategorikan berdasarkan jenis hijab. Dengan begitu kamu pun akan mudah saat nantinya memilih hijab yang diperlukan.
Boleh juga misalnya kamu ingin menyimpannya berdasarkan dengan warna atau bahannya. Itu juga kreativitas yang menarik. Yang penting kamu harus membuat koleksi jilbabmu itu tampak rapi dan tidak acak-acakan.
2. Cuci sesuai jenis bahan hijab
Ada hijab yang tidak boleh terkena detergen. Karena itu kamu perlu mengenali betul cara mencuci setiap hijab yang kamu miliki. Bila misalnya kamu ada yang kurang paham, jangan ragu untuk bertanya kepada ornag yang lebih paham. Mencuci hijab dengan benar sangat menentukan keawetannya.
3. Hindari merendam hijab kelamaan
Apa pasal? Sebab bisa saja serat kain hijab itu menjadi keluar. Karena itu hindari untuk merendam hijab di dalam air terlalu lama. Setelah dicuci, kamu pun bisa langsung menjemurnya.
4. Lebih baik cuci dengan tangan
Mengapa begitu? Karena kalau kamu mencuci dengan tangan itu bisa mengatur seberapa kencang kucekannya. Banyak bahan hijab yang terbuat dari kain halus. Karenanya kamu harus mencucinya dengan sangat hati-hati. Jangan sampi kemudian karena kucekanmu terlalu kencang, membuat tekstur atau serat kain hijab itu menjadi rusak.
5. Dijemur tidak terkena sinar matahari langsung
Hindari juga langsung menjemur jilbab ini di bawah sinar matahari. Lebih baik kamu menjemurnya di tempat jemuran yang teduh. Yang penting hijab ini terkena angin nantinya juga akan kering sendiri.
Mengapa lebih baik begitu? Karena warna jilbab bisa berubah jika terkena sinar matahari langsung. Itu membuat warnanya pun menjadi tidak indah lagi.
6. Setrika sesuai suhu yang sesuai
Tidak kepanasan maupun kurang pnas. Sesuaikan dengan jenis kainnya. Misalnya untuk hijab dari kain paris, cukup gunakan setrka dengan suhu rendah. Sebab bahan tersebut tipis dan relatif tidak mudah tahan panas. Kalau sampai terlalu panas, bisa-bisa nantinya jilbab tersebut akan gosong.
7. Pakai dengan benar
Hindari memasukkan jarum pentul atau peniti di tempat yang berbeda. Karena itu akan membuat banyak bekas "tusukan" terlihat di jilbab tersebut. Secara tidak langsung hal itu bisa mempengaruhi keawetan jilbab nantinya.
8. Gantungan hijab
Memiliki gantungan hijab sangat penting. Supaya hijab ini selalu dapat disimpan dengan rapi dan baik. Gantungan tersebut bisa mencegah terjadinya kekacauan di kamar kita.
Ya, siapapun kita, seharusnya kita memang tidak hanya pintar membeli saja, tapi sekaligus pintar merawatnya. Kita bukan hanya pintar untuk memilih barang yang kita sukai di toko jual hijab online, tapi juga mampu merawat hijab itu dengan sebaik-baiknya. Merawat barang yang kita beli merupakan bentuk perwujudan syukur atas nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar