Rabu, 25 Oktober 2017

Manfaat Jeruk Nipis untuk Peradangan, Jantung dan Diabetes

 
foto:dedaunan.com

Manfaat jeruk nipis begitu banyak, tidak hanya bisa untuk mencegah infeksi tapi juga membantu menyehatkan organ-organ tubuh. air jeruk nipis juga bisa membantu mengendalikan berat badan Anda. Asam sitratnya dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak. 
 
Agar dapat melancarkan metabolisme tubuh, minumlah segelas air kapur di pagi hari, atau hirup irisan jeruk nipis sebelum makan. Bila Anda ingin mengetahui manfaat jeruk nipis lebih dalam lagi, simak rangkuman berikut ini!
Dapat menurunkan kadar gula darah

Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk nipis bisa bermanfaat bagi penderita diabetes. Jeruk nipis memiliki indeks glisemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh Anda menyerap gula ke dalam aliran darah. Sehingga, kadar gula dalam darah menjadi terkontrol dan tubuhpun bisa mengurangi gejala diabetes. 
 
foto:nusakini.com
Mengurangi resiko penyakit jantung
Buah jeruk nipis adalah sumber magnesium dan potasium yang baik, yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Kalium secara alami dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki sirkulasi darah, yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Penelitian sedang berlangsung pada senyawa kapur yang disebut limonin pada jeruk nipis bisa menurunkan kadar kolesterol. Itu berarti manfaat jeruk nipis mampu mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi dan menyehatkan jantung serta aliran darah. 

Mencegah kanker
Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol dan bisa berkembang di berbagai bagian tubuh termasuk payudara, paru-paru, dan ginjal. Minum air jeruk nipis dapat mengurangi risiko terkena kanker dan membantu Anda melawan penyakit ini. Sifat antioksidan dalam jeruk nipis meningkatkan pertumbuhan sel sehat dan memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengurangi peradangan
Arthritis, asam urat, dan masalah sendi lainnya disebabkan oleh peradangan. Vitamin C dapat mengurangi tingkat peradangan di tubuh Anda. Sehingga menambahkan air jeruk nipis ke minuman dapat meringankan gejala artritis dan kondisi serupa yang menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan. 

Manfaat jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat.
Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan tubuh saat memecah makanan yang mengandung purin, seperti daging, hati, jamur, dan kacang kering. Asam urat tingkat tinggi dapat menyebabkan asam urat.

Kalau dibahas sebenarnya banyak sekali manfaat jeruk nipis yang bisa dipetik oleh tubuh, seperti meremajakan kulit dan lain sebagainya. Namun, sebelum memutuskan mengkonsumsi jeruk nipis bisa mengkonsultasikan ke dokter untuk menentukan berapa besar yang harus diserap oleh tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar