Sabtu, 11 November 2017

Obeng set kecil dan Jenisnya yang Bisa Anda Temui di Pasaran


 
foto:bukalapak.com

Obeng menjadi salah satu perkakas yang harus dimiliki oleh masing-masing teknisi sebab tanpa adanya obeng, maka Anda tidak bisa membuka peralatan atau alat elektronik yang akan diperbaiki atau dibersihkan. Biasanya, obeng yang ada di toko offline/konvensional dan yang ada di toko online bisa berupa satuan atau berupa obeng set kecil  yang lebih lengkap dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan jika membeli obeng satuan dalam jumlah yang banyak.

Pada dasarnya, sebagian besar masyarakat hanya tahu 2 jenis mata obeng yaitu:


  • Obeng pipih atau minus: Obeng ini memiliki ujung yang pipih seperti lambang minus dan dimanfaatkan untuk membuka baut yang punya bentuk minus. Selain itu, jenis obeng ini juga dipergunakan untuk mencongkel sesuatu misalnya mencongkel kaleng karena ujungnya yang mudah diselipkan dan batang yang kokoh.
  • Obeng kembang atau plus: Jenis obeng untuk membuka atau mengencangkan baut yang berbentuk plus atau kembang. Karena banyak ukurannya maka Anda harus memperhatikan ukuran yang pas agar baut bisa dikencangkan dengan baik.

Di pasaran, ada jenis obeng set kecil berikut yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Pertama adalah obeng ratchet. Obeng ini memiliki bentuk layaknya pistol dan di pucuk atau moncong obeng tersebut bisa digunakan untuk menyimpan mata obeng dan menggantinya sesuai dengan mata obeng yang diperlukan. Mata obeng umumnya adalah pipih, kembang dan sok. Untuk mengganti mata obeng dengan jenis yang Anda butuhkan maka Anda hanya perlu membongkar pasang mata obengnya kemudian mengatur atau menyetel obeng tersebut dengan memasang mata sekrup secara 1 arah.

Kedua adalah obeng elektrik. Obeng ini digerakkan dengan menggunakan bantuan tenaga listrik sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mengencangkan atau melepaskan obeng. Untuk menggunakan obeng jenis ini maka Anda harus mengecek jika baterai obeng penuh atau terisi. Obeng yang memiliki berat 1,2 kg dan daya rata-rata sekitar 7,2 volt ini memiliki kelengkapan mata obeng jenis minus dan plus. Namun, kelemahan dari jenis obeng ini adalah baterai yang cepat lemah apabila Anda salah dalam mengisi ulang baterai.

Ketiga adalah obeng fleksibel. Jenis obeng ini memiliki design seperti pena yang bisa Anda jepitkan pada saku kemeja atau celana Anda. Set obeng ini dilengkapi dengan mata obeng plus dan minus yang bisa digunakan sesuatu dengan kebutuhan Anda. Anda hanya perlu untuk mengganti mata obeng tersebut secara bolak-balik. Keunggulannya, jenis obeng ini mudah untuk dibawa kemana saja dan penggunaan yang mudah namun kelemahannya adalah di bagian penjepitnya mudah kencur atau mudah lepas.

Jenis obeng set kecil yang biasa Anda temui di pasaran adalah:


  • Obeng berbadan lentur yang bisa dipergunakan untuk membuka atau memasang sekrup di sudut lemari atau di bagian yang ada di sudut. Obeng yang memiliki badan yang terbuat dari besi dilapisi chrome vanadium ini mudah untuk dilekuk-lekuk. Set obeng ini dilengkapi dengan mata obeng kembang, plat dan sok. Selain itu, terdapat juga kelengkapan sekrup.
  • Obeng gagang stabil dengan bentuk seperti huruf T. Keunggulan obeng ini bisa digenggam lebih stabil.
  • Obeng bermagnet dengan ujung obeng yang memiliki magnet. Ada yang ukurannya panjang dan ada yang pendek. Obeng ini punya gagang dari karet agar tidak mudah lepas saat digenggam.
  • Obeng aksesoris yang terbuat dari besi untuk badan obeng dan fungsinya untuk objek aksesoris seperti kacamata, handphone, jam tangan.

0 komentar:

Posting Komentar