Selasa, 31 Januari 2017

Ketahui Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Pada Usia 0-12 Bulan

Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada satu tahun pertama memang selalu menjadi perhatian tersendiri bagi setiap orang tau. Di usia 0 sampai 12 bulan merupakan moment penting dan paling bahagia bagi para orang tua baru. Perkembangan yang ditunjukkan dari bulan ke bulan bisa menujukkan kesehatan sang bayi. 

Berbagai kejadian mulai dari bertambahnya kemampuan berbicara, gerakan dan lainnya, catatan yang tak terlupakan. Tapi, perkembangan pada setiap anak berbeda-beda. Jadi, jangan terlalu memaksakan anak untuk menjadi seperti orang lain. Makhlumi saja atas perubahannya itu yang paling penting dia tumbuh dengan sehat dan tidak bergizi. Nah, berikut beberapa petumbuhan dan perkembangan bayi dalam 12 bulan. Berikut ulasannya :

foto:satujam.com

Usia 0-3
Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia 0 hingga 3 bulan, umumnya setiap bayi mengalami peningkatan ketajaman visualnya. Dia akan mulai membalas tatapan mata seseorang saat menantap dan memeluknya dengan penuh kasih sayang. Dia akan menunjukkan ketertarikan pada warna-warna dan wajah seseorang.

Umur 3-4 bulan
Bayi pada umumnya bisa melihat ke seberang ruangan cukup jelas dan bisa dengan mudah ditenangkan kalau rewel. Sebab, dia sudah mulai mengenali dan tertarik beberapa hal disekelilingnya. 

Usia 4-6 bulan
Ketika bayi sudah berumur 4-6 bulan, kontrol terhadap tubuhnya sudah meningkat. Saat ini dia sudah mulai memainkan tangan dan kakinya untuk bersenang-senang. Seperti menendang, menangkap sesuatu dan memegang wajah seseorang. Beberapa bayi sudah mulai belajar merangkak atau belajar berdiri. 

6-9 bulan
Si kecil sudah bisa duduk dengan seimbang dan merangkak dengan sempurna. Sembari duduk, dia akan mengamati dan meraih apa saja yang menurutnya menarik. Jika bosan duduk, dia akan merangkak berusaha untuk mengeksplorasi apa yang dia inginkan di sekelilingnya. 

Umur 9-12 bulan
Setelah merangkak, bayi akan belajar berdiri dan menjangkahkan kakinya serta berusaha menghampiri benda-benda yang dia suka. Dia akan suka memunngut benda yang jatuh menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Dia suka bermain-main dengan benda yang dipegangnya dan menjatuhkan benda tersebut lagi.  Pada usia 9-12 bulan, bayi sangat aktif dan berbicara sudah mulai lancar. 

Bulan-bulan berikutnya, pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi lebih aktif. Sehingga, Anda dan keluarga harus berhati-hati dalam menjaganya. Pastikan dia berada di tempat yang aman untuk bermain.

Jumat, 27 Januari 2017

Tips menjaga kesehatan Tubuh Dengan Cara Sederhana

Kesehatan adalah faktor penunjang aktivitas-aktivitas yang anda lakukan. Tanpa kesehatan yang optimal, anda tidak akan bisa melakukan sederetan aktivitas yang dampaknya akan menurunkan kinerja anda. Tentu anda tidak ingin karier yang tengah anda bangun susah payah menjadi gugur hanya karena kesehatan yang tidak terjaga bukan? Simak ulasan tips menjaga kesehatan berikut ini.
Pola tidur yang cukup

Tidur adalah peristirahatan otak dan organ tubuh lainnya yang telah bekerja sehari penuh. Penting bagi anda untuk mengatur pola tidur yang cukup setiap harinya. Tidur yang berkualitas adalah tisp menjaga kesehatan yang mesti dijalankan, sebaiknya Anda tidur pada pukul 9 malam hingga 5 pagi. Jangan membiasakan begadang, karena selain akan membuat mata mengantuk keesokan harinya, kesehatan anda akan terganggu dengan cukup serius.
foto:solusisehatku.com
Makanan yang seimbang
Makanan yang dapat dikatakan seimbang adalah makanan yang mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna. Konsumsi karbohidrat, vitamin, protein dan mineral yang cukup amat diperlukan bagi tubuh dan termasuk tips menjaga kesehatan. Jangan siksa tubuh Anda dengan diet-diet ketat yang bukannya menyehatkan malah menjadi bumerang yang akan melemahkan sistem imun anda.

Suplemen kekebalan tubuh
Cuaca ekstrem yang tidak menentu membuat penyakit berkembang sangat pesat. Oleh karena itu rajinlah mengonsumsi suplemen kekebalan tubuh yang tersedia di apotik-apotik terdekat untuk mencegah tubuh terjangkit penyakit yang mengkhawatirkan. Terlebih bagi anda yang sering bepergian dalam jarak yang cukup jauh.

Olahraga
Luangkan waktu anda 2 hari dalam seminggu untuk berolahraga seperti jogging, tenis dan sebagainya. Tak perlu olahraga berat jika anda tipikal orang yang tidak banyak memiliki banyak waktu luang. Tubuh memerlukan relaksasi setelah sebelumnya menegang karena padatnya aktivitas yang anda lakukan setiap harinya.

Kurangi konsumsi junk food
Belakangan ini, junk food menjadi makanan yang sangat digemari masyarakat indonesia. Proses penyajiannya yang tidak memerlukan waktu lama dan relatif singkat membuat mayoritas masyarakat rutin mengonsumsinya. Pebisnis kuliner junk food juga mulai menjamur di antara kota-kota besar seolah bersaing untuk merebut hati konsumen. Namun, tahukah anda jika mengkonsumsi junk food lebih dari 3x dalam seminggu dapat melemahkan tenaga anda? 

Selain tak mempunyai gizi yang cukup bagi tubuh, efek mengkonsumsinya dalam jangka panjang akan membuat anda terserang penyakit-penyakit mematikan. Maka, tips menjaga kesehatan yang benar yakni kurangilah konsumsi junk food mulai dari sekarang jika anda termasuk pecinta makanan jenis ini. Sayangi tubuh anda maka anda dapat melakukan apapun tanpa hambatan yang berarti.

Selasa, 17 Januari 2017

“Om Telolet Om” Fenomena Unik yang Go Internasional

Kehebatan sebuah media sosial telah terbukti dengan mendunianya frasa ini. Mulanya frasa “Om Telolet Om” ini merupakan frasa yang kerap dipakai oleh anak-anak di daerah Jepara, Jawa Tengah saat ada bus yang tengah melintas. Ketika ada bus melintas, mereka akan sontak meneriakkan “Om Telolet Om” atau dengan sengaja menuliskannya di kardus atau kertas sebagai kode untuk para sopir bus agar membunyikan klakson bus yang mereka kemudikan. 

Hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak di Jepara. Mereka akan tertawa riang ketika para sopir bus membunyikan klakson dengan bunyi yang bervariasi dan unik tersebut, ada bunyi dengan nada sederhana, sampai instrumen lagu daerah dan lagu nasional. Dan tak jarang para anak-anak tersebut akan menari-nari kegirangan seiring dengan di bunyikannya klakson “telolet” dari bus yang tengah melintas di dekatnya tersebut.
foto:finspi.com
Jadi, tidak ada yang menyangka sebelumnya, fenomena “Om Telolet Om” ini akan menjadi ramai di bahas di dunia maya. Awalnya, fenomena “Om Telolet Om” ini viral di kalangan orang Indonesia saja. Namun karena ulah netizen yang iseng dengan membombardir kolom komentar aktris dunia termasuk DJ kelas dunia seperti DJ Snake, The Chainsmokers, Marshmello, Steve Aoki dan lain-lain dengan frasa “Om Telolet Om”.

Awalnya para DJ internasional ini bingung dengan maknanya, sehingga mereka mencari informasi mengenai “Om Telolet Om” di Internet. Salah satu dari mereka, DJ Snake bahkan ikut memenuhi kolom komentar dj lain dan orang terkenal presiden terpilih Amerika Serikat yang baru, Donald Trump dengan frasa “Om Telolet Om”. 

Sejak saat itulah banyak artis ternama negeri ini hingga mancanegara yang akhirnya mulai memposting status sampai foto meme yang berkaitan dengan fenomena “Om Telolet Om” sehingga dunia luas pun mengenal frasa tersebut. Bahkan, beberapa DJ seperti DJ Snake dan duo DJ Belanda, Yellow Claw kabarnya juga berencana membuat lagu yang menggunakan unsur suara klakson unik dari bus di Indonesia ini pada album mereka selanjutnya. Sedangkan di Indonesia sudah ada beberapa lagu tentang keseruan “ Om Telolet Om” yang sedang ngehits ini. 

Nah, itulah di atas kisah awal mulah fenomena unik “Om Telolet Om” go internasional. Dan berikut, merupakan beberapa bukti dari meme “Om Telolet Om” 

sumber cerita dari Finspi